Main HP Terus aja, Kalian termasuk? Bagaimana sih Cara Mengurangi Penggunaan HP (Smart Phone)?

Cakyus.web.id - Masa kini ya, semuanya tak terhindar dari yang namanya internet kan? akupun juga begitu. Akan tetapi adanya internet masa kini berbeda dengan masa lalu lho awal-awal jadi hitz. 

Cerita sedikit dulu ketika SMA, Hp yang saya pakai hanya Nokia 205 itupun belinya kelas 11 SMA dan kelas sepuluh pakai yang lebih jadul hanya bisa SMS dan Telpon serta mainan uler-uleran sama sudoku. Eh maaf sebut merk ya haha.


Lupakan cerita itu, pada nyatanya adalah ketika dulu orang belum yang namanya smartphone semua berasa aman-aman saja bahkan yang namanya pulsa sangat irit banget. Betapa tidak, cuma bisa SMS dan telpon saja, SMS saja cuma Rp.300,- udah gratis 1000 SMS dan siapa sih yang di SMS wkwkw. Kalo kangen ya telpon, apaan cuma SMS. Sssst . .

Kalo sekarang nih, Internet sudah berkeliaran dan harga smartphone android sangat bisa dibilang murah. Jadi mempunyai HP Android bukan hal tabu lagi yang dianggap orang kaya (tidak seperti dahulu punya hp N*kia Express Music sudah joss)







Akan tetapi, dengan adanya ini, kalian ngerasa nggak sih, sosial media tak hanya FB, ada banyak banget mulai dari WA(yang katanya sosmednya orang tua) sampai instagram (orang pamer katanya) dan kehidupan sehari hari semakin bergeser dari bicara menjadi sebuah tulisan singkat yang disebut chat.

Apakah ada temen kamu yang dikit-dikit buka HP, Makan buka HP, Kuliah Buka HP, sampai mimpiin yang ditaksir nggak lihat langsung tapi mimpi sedang vidcall aja wkwk. Nasibbb . .

Risih nggak sebagai temen?

Nah ini aku bagi tips tapi kalo bermutu ya silahkan dipakai karena ini yang sudah membuatku sedikit berubah .

Pertama, Yuk pulanglah ke kampung halaman bagi kalian yang sedang merantau sebagai mahasiswa atau pekerja. Mengapa bisa? ya secara tidak langsung sih kalo kalian hatinya sebersih bola pimpong (kuning -kuning wkwk ) palingan kalian pulang cuma sabtu minggu saja kan. Masa tega sih kalian dirumah cuma main HP mulu? nah dengan kalian sadar maka kalian akan berupaya untuk ngomong dengan keluarga kalian dan melupakan penggunaan HP.

Kalo memang belum bisa, matikan semua notifikasi HP deh dan hidupkan hanya ringtone  telpon dan sms saja. Dengan begitu gak akan terganggu dengan suara ting tong ting  notifikasi. Hargailah orang tua kalian yaa mumpung masih ada jangan buat merek senyum dimulut tapi sakit dihati

Kedua, Ngopi. Inilah tips yang paling ampuh untuk melupakan menggunakan HP yang keseringan. Ya tapi jangan ngopi sendiri di kos terus kesepian termenenung meratapi dia ya (hehehe). Nah kalian coba deh ngajak ngopi teman kalian 2-3 orang dan bawa kartu Uno/ kartu Remi. Ketika ngopi sambi dengan mainan seperti itu, maka secara tak sadar kalian akan sedikit melupakan minimal selama permainan.

Kalo nggak ngopi sama orang tersayang (misal sahabat, sanak saudara, dan yang itu). Carilah tempat ngopi yang tidak ada koneksi Wifi gratis ya jadi kalian tak bisa main mobel lejen karena kuota nipis.

Ketiga, Beli buku. Nah yuk mulai bergeser kebiasaan kalian dari kutu NOTIFIKASI ke kutu buku. Kalo ini sih kalian dimana-mana buka buku ya nggak masalah. Kutu buku akan mempuatmu luas pandangan dan berfikir. Jangan malu dikatain orang lain sok pinter tau apa, daripada cuma buka instagram (scroll-scroll cek story , panas karena pamer orang, tutup lagi).

Kalo beratt, mulailah dengan membeli buku-buku ringan seperti buku SBMPTN, Buku masuk PTN wkwkw becanda (Krik krik . . ). Ya mulailah dari buku kata-kata mutiara, komik, buku masak, atau yang lainnya.


Keempat, jangan punya bribikan. Inilah yang jadi penyebab orang selalu buka HP. Selain mendekati yang namanya zina dan berbohong (kata-kata indah tapi terlalu mengkhayal) , pesan orang ter . . . itu pasti pengen cepat dibales. Kalo nggak dibales dikira nggak sayang dibales cepet dikira nggak ada kerjaan.

Nah itu dulu yang sedang dijalanin, kalo ada tips lagi silahkan dikomentar yaa. . .

Kita contoh orang di Jepang masalah ini. Disana sangatlah menghargai yang namanya waktu. Apabila waktunya belajar ya belajar tidak ada yang namanya buka gadget , ngobrol (rasan-rasan), dan apabila sudah waktunya istrahat maka tidak ada orang yang belajar. Memanfaatkan betul untuk saling bercanda, obrol, makan, dan istirahat. (Cerita Dosen yang kuliah di Jepang)

Penulis : Yusuf Abdhul Azis
Profil : Klik Tentang Penulis Next Hid

0 Response to "Main HP Terus aja, Kalian termasuk? Bagaimana sih Cara Mengurangi Penggunaan HP (Smart Phone)? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel