Jangan Tanya Berikut ke Temanmu Setelah Lulus SMA



Cakyus.web.id - Masa SMA (Sekolah Menengah Atas) dan MA (Madrasah Aliyah) merupakan level pendidikan atas yang kedepannya diprospek untuk menjadi seorang ilmuan ataupun akademisi. Hal ini berbeda halnya untuk kalangan SMK yang diprospek untuk Tenaga Kerja Ahli. Untuk kemampuan bekerja saja pastilah sudah kelihatan mana anak lulusan SMA dan SMK, kebanyakan industri membutuhkan anak SMK sebagai tenaga ahli karena akan mengurangi kegiatan Training. 

Nah, untuk anak SMA dan MA, kuliah merupakan lanjutan untuk menuju cita-cita yang diinginkan. Banyak jalur masuk ke dunia perkuliahan yang bisa ditempuh oleh siswa antara lain SNMPTN (Jalur Rapor), SBMPTN (Jalur Tes) atapun USM (Jalur Tes masuk Politeknik). Nah tidak semudah membalikkan koin Rp500,- atapun tak semudah meniup kapas diudara, tahap ini menjadikan hal yang mengerikan bagi siswa karena jika tak lolos masuk ptn bisa jadi beban moral bagi orang tua ataupun pribadi siswa.

Oleh karena itu, jangan tanyakan kepada temanmu nih tentang sudah diterima kuliah dimana? atapun kapan ospek? karena jika hal ini kau tanyakan kepada temenmu setelah musim pendaftaran dan tes, jika dia tidak lolos sangatlah menjadi beban moral bahkan dia menjadi minder dalam bergaul (apalagi cewek yang apa-apa dirasain).

Pernah ngalamin nggak? banyak kejadian lho sperti juga penulis hehe. Ketika tak lolos seleksi masuk Perguruan Tinggi dan ditanya :

"Bagaimana Cak? pasti lolos lah kamu" (dalam hati sih Lolos Nd*smu) . 

Dalam hati setiap orang pastilah punya rasa masing-masing dan punya taraf kesabaran masing-masing. Lebih baik diam dan jangan tanyakan hal tersebut. Oke?

Kedua, jangan tanyakan Jurusan apa ? mengapa sih tak boleh?.
  Banyak kejadian sih (bukan aku) ketika dia diterima di jurusan yang kurang terkenal dia merasa malu dan minder karena merasa rendah, apalagi yang tanya jurusannya bagus dan dari PTN yang ternama (wowwww gt). Tapi, ingat bahwa semua sudah ada yang ngatur, jika kalian malu maka kalian akan tersesat tapi jika kalian bangga kalian akan berusaha menunjukkan bahwa dirimu masuk dijurusan yang tidak boleh diremehkan. 

Ketiga, jangan bicarakan masalah kuliah di per-kopi-an (ngangkring). Ngopi merupakan hal yang paling kusukai (kapan-kapan cerita kopi seru nggak ya? banyak kenangan wkwk). Nah, ketika ngopi tolong jangan bicara masalah kuliah apalagi buat kalian yang baru lolos PTN dan biacar dengan orang yang belum lolos PTN (kayak aku dulu), karena akan merusak moodku hehe. 

Apalagi bicara kuliah didepan orang skripsi (pengen ditampar)

Bagaimana? apakah kalian pernah merasakan juga? atau kalian pernah menanyakan hal tersebut ke temenmu? segeralah minta maaf suapaya kuliahmu lancar, didoakan, serta persaudaraan tetap jalan dengan baik. Jangan sampai teman SMA mu lepas gara-gara hal sepele karena SMA adalah masa penuh kenangan (Bukan sama mantan lho ya)

Yusuf Abhul Azis

2 Responses to "Jangan Tanya Berikut ke Temanmu Setelah Lulus SMA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel