"Bondo" itu penting! Sopo Sing Muni Ora Penting?



Cakyus.web.id - Assalamualaikum sedoyo kemawon, mugi-mugi taksih pinaringan kesehatan lan hidayahipun Gusti Kang Maha Kawoso

Hidup itu telah ditakdirkan pada setiap orang. Bagaimanapun juga kita harus menerimanya dan tidak ada ponolokan.

Dalam hidup kita pada hakikatnya hanya satu yaitu kembali kepada-Nya dan didunia ini hanyalah jalan menuju keabadaian.

Hidup itu perlu yang namanya bekal yaitu ilmu dan bondo. Ilmu semua pasti sudah tau betapa pentingnya mendalaminya dan mengamalkannya. Karena ilmu penulis tak hanya kurang, tapi sangatlah kurang.

Bondo dalam bahasa Indonesia artinya adalah Harta. Judul "Bondo itu Penting!" padahal harta itu adalah titipan mengapa begitupentingnya bagi kita?

Jangan sampai gila dunia karena akan rugi akibat  lupa akan hidup yang lebih abadi (Akhirat). Tapi, kita hidup di dunia ini sebagai khalifah yang menjaga bumi serta berbuay kebaikan atas yang diberikan-Nya

Jin dan manusia dicipatakan tidak lain hanya disuruh beribadah kepada-Nya. Beribadah ada yang ibadah mahdoh dan ibadah muamalah.

Nah, kita didunia haruslah seimbang antara hablum minalloh dan hablum minannass. Ibadah kepada Alloh telah disyariatkan seperti solat, zakat, puasa, dsb. Akan tetapi jangan sampai lupa akan sesama manusia.

Harta sebenarnya tidak penting, tapi yang terpenting adalah menggunakan harta tersebut supaya bermanfaat. Saling memberi adalah hal kecil yang bisa kita lakukan dengan adanya harta supaya harta kita bermanfaat.

Carilah Nikmat dan Keindahan supaya hidupmu terarah (dalam hal kecil seperti "Klambi" mu itu).  Tanpa pakaian bagaimana kamu bisa beribadah ? Bukankah beribadah harus menutupi aurat?

Nah, harta itu tak penting tapi yang Penting dari Harta adalah manfaatnya.

Wong sugih iku duduk wong sing akeh bondone, tapi wong sing akeh amale lan akeh ngerti gunane bondo

Yusuf Abdhul Azis

0 Response to ""Bondo" itu penting! Sopo Sing Muni Ora Penting?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel